Seperti yang ada di judul, saya akan sedikit memberi tips cara menginstall Nginx di CentOS 7 maupun itu Virtual Machine atau tidak pokoknya sama-sama CentOS 7. Yang harus kalian lakukan pertama adalah masuk sebagai super user terlebih dahulu (biasanya default root). Tanda jika kalian telah memasuke mode super user di terminal adalah ada tanda pagar (#) disebelah kiri shell.

Setelah itu kita install dahulu repositorinya yang bernama EPEL dengan perintah :

#yum install epel-release

Setelah proses download dan install selesai sekarang kita install Nginx dengan perintah :

#yum install nginx

Tahap berikutnya adalah untuk mengaktifkan Nginx dengan 2 perintah berikut secara berurutan :

#systemctl start nginx

#systemctl enable nginx

Untuk perintah #systemctl enable nginx adalah perintah opsional. Gunanya hanya untuk menjalankan Nginx saat pertama kali dihidupkan, jadi gak perlu dihidupkan secara manual lagi dengan start nginx.

Mengakses nginx dengan membuka browser dan tuliskan ip addrress dari CentOS 7 ke dalam nya, maka hasilnya akan seperti berikut :

*Tips untuk pengguna Virtual Machine :

Pada pengguna virtual box, jika ingin nginx bisa dibuka dengan browser komputer asli (bukan VM) dapat digunakan perintah berikut ke dalam CentOS 7 yang telah diinstall nginx tadi :

#firewall-cmd –permanent –zone=public –add-service=http

#firewall-cmd –permanent –zone=public –add-service=https

#firewall-cmd –reload.

Maka Nginx dapat diakses melalui browser komputer asli saat VM CentOS 7 dihidupkan dengan memasukkan alamat ip (ip address) CentOS 7 ke dalam browser kita. Berikut tampilannya di browser :

Begitulah caranya.. 😀 Sekian dari saya terima kasih.